Minggu, 26 Maret 2017

Cara Perpanjang SIM Online

Huftt....Lama tidak posting!! salah satu ciri blogger tidak konsisten seperti saya ini tidak untuk ditiru ya .. :D

Okelah dilanjut..!




Mungkin tips ini sudah banyak bertebaran di seantero Google, tapi gak ada salahnya kalau saya coba untuk share pengalaman pribadi saat memperpanjang SIM secara online.



Om, tante, pakde dan bude, abang dan adek, silahkan akses link resmi ini:

DAFTAR ONLINE

Nanti akan nampak seperti gambar berikut:


Karena tema yang dibahas adalah untuk perpanjangan SIM maka silahkan dipilih, Jenis Permohonan = Perpanjangan SIM, maka akan tampil page sbb:





Golongan SIM = A/C pilih salah satu
*)jika ingin memperpanjang keduanya, silahkan pilih salah satu terlebih dahulu dan proses semua langkan di bawah sampai selesai kemudian ulangi lagi proses yang sama dari awal sampai akhir untuk jenis SIM lainnya

Nomor SIM = Isikan dengan benar nomor SIM yang akan Anda perpanjang lengkap

Alamat email = isi dengan benar karena untuk konfirmasi pemberitahuan resmi jika permohonan perpanjangan SIM telah selesai

*berdasarkan pengalaman saya, alamat email akan tercantum (semuanya) dalam huruf besar (capslock) jadi jangan kaget :D

Polda Kedatangan = Polda mana yang akan Anda datangi? Metro Jaya, Jabar, dst tinggal pilih yang tercantum di option

Satpas Kedatangan = Silahkan dipilih yang akan Anda datangi

Lokasi Kedatangan = Satpas / Gerai / Pelayanan SIM Keliling yang terdekat dengan lokasi Anda.

Selanjutnya seperti sebelumnya klik Lanjut dan isi semua form online berikut:



Isi datanya seakurat mungkin agar proses pendaftaran Anda melalui sistem online berjalan lancar. Setelah selsai klik LANJUT dan Anda kembali diminta untuk mengisi form selanjutnya sbb:



Silahkan di input nama saudara atau istri yang dalam keadaan darurat bisa dihubungi, serta input data validasi dengan mencantumkan nama ibu kandung. Untuk data sertifikasi jika Anda pernah mengikuti kursus atau pelatihan mengemudi silahkan pilih IYA atau pilih TIDAK jika tidak pernah mengikuti kursus atau pelatihan mengemudi.

Klik Lanjut dan akan muncul konfimasi seperti gambar berikut.


Silahkan cek lagi data Anda pastikan yang terinput sudah benar sesuai dengan SIM dan KTP. Setelah itu silahkan cantumkan tanggal kapan Anda akan hadir Satpas / Gerai / Pelayanan SIM Keliling yang terdekat dengan lokasi Anda. Masukkan kode captcha sesuai dengan yang tampil di PC Anda untuk selanjutnya klik "kirim". 

Di langkah terakhir ini harap bersabar karena memakan waktu yang lumayan lama. Tunggu sampai ada notifikasi Data Input Berhasil. Jika sudah ada notifikasi tersebut silahkan cek email Anda dan jangan lupa untuk cek di JUNK / SPAM FOLDER. Notifikasi punya saya setelah dicari ternyata masuk ke dalam JUNK/SPAM Folder di GMAIL.

*)Oh ya sebelum lanjut saya kasih tau kalau di dalam lembar konfirmasi di atas juga sudah tercantum berapa biaya untuk perpanjang SIM nya, kalau sesuai contoh untuk SIM A adalah Rp. 80.000 (Delapan Puluh Ribu Rupiah).

Oke setelah file PDF ditemukan di email, print lampiran tersebut dan ikuti persyaratan yang ada di dalam file tersebut:

1. Membawa form isian elektronik yang dikirimkan lewat email
2. Membawa SIM ASLI yang akan di perpanjang
2. Copy SIM yang akan diperpanjang (1 kali)
3. Membawa KTP ASLI yang masih berlaku
4. Copy KTP (1 kali)
5. Surat Keterangan Sehat dari Dokter 
6. Siapkan uang cash (biaya untuk perpanjangan SIM)

*) sstttt... ini rahasia ya Gan!! untuk point 5, Anda lebih baik membuat keterangan sehat di klinik/puskesmas atau fasilitas lain yang menyediakan di dekat rumah Anda!!

Question : Bukannya di tempat Satpas / Sim Keliling sudah disediakan Om?

Answer : Nah di sinilah letak rahasianya!! Anda akan menghemat waktu 15-30 menit jika sudah menyiapkan surat keterangan sehat dari dokter. Tinggal serahkan semua data yang tercantum di atas ke petugas satpas / simling, verifikasi dan cuzzzz...Anda tinggal antri untuk foto tanpa perlu antri untuk cek kesehatan :D

Nah kalau Anda belum bawa surat keterangan sehat, siap-siap setelah Anda kasih persayaratan SIM dan KTP, Anda harus antri lumayan lama untuk cek kesehatan dan antri kembali untuk foto.
*asli pengalaman pribadi nih Gan!! :D


Wokeh para juragan, biar lebih jelasnya saya contohkan berdasarakan pengalaman saya dengan case sbb:

Saya berdasarkan KTP Elektronik berdomisili di Jakarta Utara, sementara SIM A saya yang akan kadaluarsa masih menggunakan alamat lama saya di Bandung dan saya memilih lokasi di Polda Metro Jaya dan Pilih Wilayah Jakarta serta lokasinya di pelayanan SIMLING KALIBATA 1.

Pertanyaannya, apakah bisa saya perpanjang SIM di Jakarta?

Jawabannya adalah BISA!! Selama Anda membuat SIM (SIM Lama Anda) di kantor polisi (Polres atau Polresta)yang terintegrasi, maka Anda akan bisa memperpanjang di tempat lainnya yang juga sistemnya sudah terintegrasi. kebetulan SIM A lama saya, pada saat bikin pertama kali di KOTA BANDUNG yang notabene sudah terintegrasi, sehingga nomor SIM LAMA saya bisa di akses di Jakarta atau daerah lainnya yang sudah terintegrasi.

Berbeda kasus jika saya pada waktu membuat SIM LAMA di Kabupaten Cirebon (misalnya). Karena Polres/Polresta di Kab. Cirebon belum terintegrasi, OTOMATIS saya tidak bisa perpanjang SIM di tempat lainnya... Hiksss... Sedihhh... :(

Nah biar lebih jelasnya, para juragan bisa cek dulu nih apakah Polres/Polresta pada waktu bikin SIM LAMA sudah terintegrasi atau belum ke link berikut:

DAFTAR POLRES/POLRESTA YANG SUDAH TERINTEGRASI!


Semua cara tersebut di atas sudah saya praktekkan dan menghemat waktu sekitar 30 menitan dibandingkan cara manual (datang ke satpas/samling dengan mengisi form di tempatnya) karena harus antri saat pemeriksaan kesehatan.


Oke, para juragan... silahkan mencoba, dan jangan lupa untuk datang di rentang waktu (tanggal) yang tercantum di lampiran email Anda !!

cuzzz.... ketemu di kolom komen ya ^^




Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Jejak Anda